Pameran Foto Dampak Nuklir

Bertempat di Galeri Soemardja FSRD ITB diselenggarakan pameran foto dengan tema Dampak berkelanjutan petaka nuklir di Rusia, Ukraina, Belarusia dan Kazakhstan 25 tahun setelah Chernobyl, pada tanggal 11-17 September 2011, pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Pameran foto karya Robert Knoth dan Antoinette de Jong ini menyajikan kisah menggugah tentang dampak tenaga nuklir bagi manusia, juga menanggapi berbagai isu etik terkait foto jurnalistik. Masyarakat kontemporer kita terus dibanjiri gambar-gambar voyeuristik berisi kekerasan dan bencana yang ditampilkan para “jurnalis publik” di blog, facebook, flickr, bahkan di media arus utama. Kekuatan di balik foto-foto Robert Knoth terletak pada keintiman yang ia bagi dengan subyek-subyeknya, serta rasa hormat yang ia tunjukkan pada mereka.

Ketika perdebatan nuklir kebanyakan berfokus seputar statistik, foto-foto Knoth dan pelaporan mendalam De Jong mengingatkan kita bahwa untuk tiap statistik terdapat sebuah kisah tentang manusia. Karya mereka memberi kontribusi besar pada perdebatan kontroversial tanpa henti tentang dampak energi nuklir terhadap manusia. Menilik kejadian-kejadian tragis di Fukushima baru-baru ini, penting bagi rakyat Indonesia — selagi rencana pembangunan berbagai pembangkit nuklir di negeri ini ditinjau ulang — untuk memahami segala dampak kecelakaan nuklir.

Berita Terkait