Pendaftaran Online Program D1 Pendidikan Vokasi Berkelanjutan FSRD ITB : Bidang Animasi & Fashion

Kementerian Pendidikan Indonesia dalam hal ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Akademik menyelenggarakan program nasional yang disebut dengan Program Vokasi Berkelanjutan di berbagai bidang, dalam, rangka peningkatan APK Perguruan Tinggi dan mengurangi pengangguran.

Program ini sebagai tindak lanjut dari PP 17 tahun 2010 Tentang Pendidikan Jarak Jauh Pasal 118 s/d 126 maupun berdasarkan Surat arahan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dengan No. 880/D/T/2010 tanggal 29 Juli 2010 tentang pemberitahuan program vokasi berkelanjutan.

Program tersebut didukung oleh berbagai pihak yaitu, PSMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan SEAMOLEC. PSMK mendukung program ini dengan memperkuat fasilitas SMK sesuai dengan bidangnya, DIKTI mendukung dalam hal legalitas dan SEAMOLEC mendukung dalam hal TOT untuk manajemen pendidikan jarak jauh, dosen maupun guru. Selain itu, dukungan Propinsi dan Kota/Kabupaten sangat diharapkan terutama dalam hal dukungan infrastruktur, beasiswa, subsidi operasional dan hal lain yang diperlukan

Program vokasi berkelanjutan dirancang untuk program D1 untuk lulusan sekolah menengah kejuruan dan lulusan MAK. Setelah menyelesaikan program D1, mereka dapat memutuskan apakah akan bergabung dengan angkatan kerja atau melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan program ini, Indonesia lebih memiliki kesempatan lebih baik untuk mengakses pendidikan tinggi.

Tujuan
1. Peningkatan APK Perguruan tinggi
2. Pengurangan pengangguran
3. peningkatan devisa utk tenaga kerja terdidik
4. Asas pemanfaatan dan sinergi infrastruktur

Program ini melibatkan Sub Kampus yaitu SMK Se-Indonesia yang memiliki fasilitas yang memadai serta memenuhi persyaratan dari Main Kampus/ Kampus Utama. Dalam kesempatan ini ada beberapa main kampus atau kampus utama di daerah Jawa Barat salah satunya ada ITB. Di ITB terdapat beberapa Fakultas/ Sekolah yang menjadi Main Kampus untuk program PVB ini, diantaranya adalah STEI ITB, FSRD ITB, FITB ITB, FMIPA ITB dan FARMASI ITB.

FSRD membuka D1 Vokasi Berkelanjutan di Bidang Animasi dan Fashion.
Adapun mata kuliah D1 Animasi, terdiri dari :
Semester 1 : Pengantar Animasi, Gambar Animasi, Gambar Digital, Pendidikan Jarak Jauh,
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pancasila & Kewarganegaraan, Agama & Etika.
Semester 2 : Pengantar Proyek Animasi I (Pra TA), Proyek Animasi I, Pendidikan Jarak Jauh.

Sedangkan kurikulum D1 Fashion, terdiri dari :
Semester 1 : Pengantar Fashion, Ilustrasi Fashion, Gambar Bagan Teknik & Reka Bahan, Pendidikan
Jarak Jauh, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PancaSila & Kewarganegaraan, Agama & Etika.
Semester 2 : Pengantar Proyek Fashion I (Pra TA), Proyek Fashion I, Pendidikan Jarak Jauh.

Total SKS D1 Vokasi Berkelanjutan ITB adalah 36 Sks.

Pola Pendidikan D1 Vokasi Berkelanjutan FSRD akan diselenggarakan sbb :
1. Mahasiswa akan intensive kuliah di ITB selama 2 bulan/ 8 pertemuan untuk melengkapi dengan materi-materi dasar (Perkuliahan Semester 1)
2. Dilanjutkan dengan Pra-Tugas Akhir berupa 3 bulan Pendidikan Jarak Jauh di Sub Kampus.
3. Tugas Akhir berlangsung 3 bulan kemudian dengan system pendidikan jarak jauh berlokasi di Sub Kampus, dan diakhiri 1 bulan berkuliah di ITB sekaligus pameran karya mahasiswa D1.
Direncanakan program ini akan berjalan pada awal tahun 2012, dengan memperhatikan jumlah kouta minimum pendidikan FSRD ITB. Untuk itu segeralah mendaftar online telah dibuka mulai 1 Desember – 20 Desember 2011, dengan mengakses website :www.programd1.fsrd.itb.ac.id

Atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi programd1@fsrd.itb.ac.id

Berita Terkait