Pameran "THE WICKED ARTIST AND THE INNOCENT THIEF: PROLOGUE"

Mahasiswa Seni Rupa dan Desain FSRD ITB mengadakan pameran dengan tema “THE WICKED ARTIST AND THE INNOCENT THIEF: PROLOGUE”, pada tanggal 7-13 Mei 2012 bertempat di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5 Bandung.

“THE WICKED ARTIST AND THE INNOCENT THIEF: PROLOGUE” adalah sebuah pameran yang mengangkat persinggungan seni dengan moralitas masyarakat. Persinggungan tersebut menghasilkan suatu fenomena sosial tertentu yang layak untuk dibahas. Dalam pameran ini, kami menghadirkan data-data berupa sketsa awal maupun dokumentasi dari karya-karya seni yang mengundang kontroversi di masyarakat sebagai akibat persinggungan dengan moralitas yang dianut. Sebagai contoh adalah karya Agus Suwage dan Davy Linggar berjudul “Pink Swing Park” yang kemudian lebih dikenal di masyarakat sebagai ‘kasus foto porno Anjasmara’. Tidak melulu persinggungan negatif, kami juga mengangkat karya-karya yang dekat dan bahkan membantu masyarakat lewat seni.

Dalam mengumpulkan data, kami melakukan riset kolaboratif dengan beberapa seniman. Seniman yang berpartisipasi adalah:
– Tisna Sanjaya
– Agus Suwage
– Isa Perkasa
– Rahmad Jabaril
– Fajar Abadi
– Deni ‘Akay’ Ramdani
– Aliansyah

Bentukan pameran ini lebih menyerupai museum, di mana data yang disajikan disertai paparan informatif sehingga diharapkan akan menjadi lebih dekat dan terjangkau oleh masyarakat.

Selain itu, pameran diadakan pula diskusi dengan topik “Posisi Seni Rupa Kontemporer dalam Jaringan Kekuasaan Kapital, Kepentingan Politik, Turbulensi Moral, dan Keboborokan Sosial”. Adapun pembicara dalam diskusi ini yaitu:
– Yasraf Amir Piliang
– Rizki A. Zaelani
– Bambang Sugiharto
Moderator: Bambang Subarnas

Pembukaan pameran akan berlangsung pada hari Senin, tanggal 7 Mei 2012, pukul 19.00 WIB, sedangkan diskusi akan diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 11 Mei 2012 pukul 14.00 WIB.

Berita Terkait