Pameran ‘quasi-akademik’ Mahasiswa Studio Seni Grafis Angkatan 2011

Selbst, adalah sebuah pameran quasi-akademik yang diselsenggarakan oleh mahasiswa seni grafis FSRD ITB 2011, sebagai seniman sekaligus penyelenggara pameran.

Pameran SG Mhs 2011
Merujuk pada sub-judul pameran, alter academy project (proyek sampingan akademis), adalah sebuah bentuk pernyataan pada posisi pameran yang memang tidak tercantum dalam struktur studi para seniman akdemisi-nya. Namun tetap, meskipun bersifat antara, pameran ini tidak serta merta menjadi mandiri dan steril dari manifestasi akademi.
“Apa yang kami tawarkan dalam pameran ini adalah bagaiamana kami, selaku mahasiswa yang masih mencoba meraba seni rupa, mencoba untuk mengaktualisasi-kan diri melalui apa yang telah kami pelajari tentang seni. Modal pengetahuan -yang mungkin masih berupa pengetahuan teknis dan sedikit estetika modernis- ini kemudian kami gunakan sebagai alat untuk memahami seni, dengan mencoba memahami diri kami pada awalnya melalui peciptaan karya seni, dan semoga ke depannya – jika tidak ada godaan lintas-keprofesian- menentukan bagaiamana individu-individu ini memposisikan dirinya dalam medan seni’”
Pameran ini akan digelar di Galeri Kita, Jl. R.E Martadinata no.157 bandung, akan digelar selama satu minggu per 18 februari 2013.
Selbst, adalah padanan Jerman untuk Self, atau diri. Yang kemudian diperlakukan sebagai titik tolak dari karya seni yang dipamerkan, dan menjadi sentris dalam menentukan bingkai kerja kurator-nya.

Menampilkan karya dari:
Abshar Platisza
Adityo Fajar Nugroho
Ajeng Martia Saputri
Ali Yan Mukhtar
Almira Timanta Ginting
Cessita Putri Mediantari
Dea Aprilia
I Made Ananta Wijaya
Khoirunnisa Qonita
Litya Ainun Putri
Maruto Ardi
Muhammad Ilham Akbar
Putra Ari Setiawan
Rizka Viramadhina
Sabrina Salma
Yohanes Tambunan

Kuratorial oleh: Gumilar Ganjar

Venue: Galeri Kita, Jl. R.E Martadinata no.157 bandung
Pembukaan: 18 Februari 2013, pukul 07.00 pm , Artist Talk: 09:00 pm

Berita Terkait