Vestigal : Pameran Seni Grafis dan Instalasi

Vestigal: Pameran Seni Grafis dan Instalasi
Dewasa ini, seni rupa bukan lagi merupakan hal yang asing bagi dunia. Tidak seperti waktu-waktu sebelumnya dimana dunia seni (juga desain) masih merupakan hal yang belum terjangkau oleh orang banyak. Seni sering kali hanya terjangkau oleh orang-orang yang benar-benar mendalami dunia seni tersebut. Entah mahasiswa fakultas seni, kolektor, kurator dan seniman itu sendiri. Namun, sekarang, seiring dengan terbukanya pemikiran masyarakat mengenai hal-hal baru, seni (dan desain) mulai diterima sebagai salah satu aspek yang hidup di antara kehidupan sosial masyarakat. Dan tidak dapat kita pungkiri, bahwa sekarang, kemana mata kita memandang pasti ada unsur seni di dalamnya.
Hal ini dikarenakan sekarang seni mempunyai fungsi untuk ditunjukkan kepada publik. Dimana apa yang ingin disampaikan oleh sang seniman melalui karyanya, dapat dengan mudah tersalurkan ke para apresiator. Tak heran, sekarang banyak karya seni yang bersifat persuasif. Menyimpan suatu pesan yang diharap dapat mengajak para apresiator untuk melakukan atau mengerti atas suatu hal. Salah satunya adalah tentang lingkungan.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kondisi lingkungan alam kita sekarang tidak lagi dalam keadaan yang baik. Eksploitasi lahan, sampah yang berlebihan juga polusi kendaraan yang tidak terkontrol merusak alam kita secara terus menerus. Peran masyarakat dan pemerintah sangat dibutuhkan dalam membangun kembali alam yang telah dirusak. Namun apa yang kita lihat sekarang, kedua pihak tersebut tidak saling sadar akan perannya yang sebenarnya sangat penting untuk perbaikan alam.
Memanfaatkan fungsi seni yang mampu bersifat persuasif dan keadaan lingkungan sekarang, 16 seniman grafis mencoba merespons dan menyampaikan sebuah pesan dari masing-masing karya yang ia hasilkan. Mereka ini mencoba merespons pada permasalahan eksploitasi lingkungan terdekat yaitu Babakan Siliwangi yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan oleh masyarakat Bandung. Bagaimana sebuah lahan yang merupakan paru-paru kota akan diubah menjadi sebuah tempat hiburan semata.

Lewat pameran “Vestigial” ini, 16 seniman grafis mencoba merespons terhadap permasalahan lingkungan ini. Berharap para apresiator dapat menangkap pesan-pesan mereka dan sadar akan pentingnya lingkungan dalam daur kehidupan kita semua.

Menampilkan karya dari:
Abshar Platisza
Adityo Fajar Nugroho
Ajeng Martia Saputri
Ali Yan Mukhtar
Almira Timanta Ginting
Cessita Putri Mediantari
Dea Aprilia
I Made Ananta Wijaya
Khoirunnisa Qonita
Litya Ainun Puri
Maruto Ardi
Muhammad Ilham Akbar
Putra Ari Setiawan
Rizka Viramadhina
Sabrina Salma
Yohanes Tambunan

Pembukaan pameran: Jum’at, 14 Juni 2013 19.00 WIB
Diskusi karya: Jum’at, 14 Juni 2013 21.00 WIB – selesai
Sanggar Olah Seni, Babakan Siliwangi
Bandung

Berita Terkait