Seminar Internasional “Seni Media Baru di Asia Tenggara”

Seminar internasional “Seni Media Baru di Asia Tenggara”
Istilah ‘seni media baru’ (new media art) mulai populer sejak awal 2000-an dan digunakan untuk menyebut praktik seni yang memanfaatkan perangkat teknologi media elektronik dan digital. Di Asia Tenggara kemunculan karya-karya seni media baru bisa dilacak sejak pertengahan 1990-an ketika sejumlah seniman mulai menggunakan video sebagai medium ekspresi mereka.

Perkembangan seni media baru di kawasan tersebut berangsur-angsur meluas seiring dengan pencanggihan perangkat teknologi digital di satu sisi, dan munculnya kebudayaan baru sebagai akibat dari globalisasi media di sisi yang lain.

Meskipun pemanfaatan teknologi media cenderung bersifat menyeragamkan, praktik seni media baru di Asia Tenggara dapat dipetakan ke dalam wacana yang spesifik. Selama ini, karya-karya para seniman dari kawasan ini cenderung kental dengan muatan gagasan lokal. Pendekatan teknis maupun konseptual mereka juga mencerminkan adaptasi yang berbeda-beda terhadap konsep ‘seni’ dan akses terhadap teknologi media yang seringkali dipengaruhi oleh berbagai situasi dan regulasi ekonomi dan politik.

Seminar Seni Media Baru di Asia Tenggara akan mengulas kekhususan dari sejarah praktik dan wacana seni media baru melalui survei karya-karya, sosok-sosok seniman, lembaga dan kegiatan-kegiatan pameran, proyek dan festival untuk mengkaji berbagai aspek penciptaan, penyebaran dan penerimaan praktik seni media baru di Asia Tenggara. Dalam seminar ini karakteristik seni media baru juga akan dilihat dalam kaitannya dengan perkembangan infrastruktur seni, serta konteks sosial, politik, budaya dan ekonomi yang khas di masing-masing negara.

Pelaksanaan :
Senin, Juli 1, 2013
pukul 09.00 – 18.00 WIB
Auditorium Campus Center
Institut Teknologi Bandung, jalan Ganesha 10 Bandung, Indonesia

Pembicara:
Ade Darmawan (Indonesia); Agung Hujatnika (Indonesia); Ark Fongsmut (Thailand), Hasnul Jamal Saidon (Malaysia), Krisna Murti (Indonesia);Nguyen Nhu Huy (Vietnam)

Penyelenggara:
ASEAN – COCI Indonesia, diwakili oleh Direktorat Jenderal Seni, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia

Bekerjasama dengan:
Studio Intermedia, Program Studi Seni Rupa, Fakultas Seni Rupa dan Desain,Institut Teknologi Bandung, Bandung, Indonesia.

Seminar ini gratis, tempat terbatas!
Reservasi dan informasi:
Annisa D. Rahadi: 081311512944
Kiki Rizki Sutisna Putri: 083821251966
email: seminar.senirupa.itb@gmail.com

Berita Terkait