D.I.A.G.N.O.S.I.S "Telisik Kiprah Seni Setiawan Sabana"

Prof. Dr. Setiawan Sabana, MFA salah satu guru besar FSRD-ITB telah menyelenggarakan pameran tunggal pada tanggal 24 Oktober – 14 November 2014 di Galeri Soemardja FSRD ITB

Dikenal sebagai seniman, akademikus, pengamat budaya, dan salah seorang yang perduli pada perkembangan seni grafis maupun kertas, Prof. Dr. Setiawan Sabana, MFA dalam pameran tunggalnya kali ini dikurasi, khususnya dalam hal ruang dan pola “keterhubungan” serta “keterputusan” yang tercipta di antara karya-karyanya. Oleh karena itu, pameran ini lebih bersifat analitik, meskipun tetap menyajikan kilasan kekaryaan Setiawan Sabana dari masa ke masa (historis).
Selain pameran, program lainnya adalah penerbitan dan peluncuran buku: 1). Buku yang menghimpun sejumlah komentar/opini tentang sosok Setiawan Sabana; 2). Buku yang menghimpun tulisan-tulisan Setiawan Sabana tentang seni dan budaya selama kurang lebih tiga dekade berkiprah di medan seni rupa. Buku-buku tersebut sekiranya bisa memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang pemikiran Setiawan Sabana maupun posisinya dalam peta sejarah seni rupa Indonesia. Sejalan dengan program lainnya, akan digelar lomba penulisan seni rupa tentang “Setiawan Sabana dan Karyanya” untuk tingkat mahasiswa, terhitung sejak pameran dibuka. Dan program lain yang terbuka untuk khalayak adalah lokakarya seni grafis bersama Setiawan Sabana. Program ini ditujukan untuk membangun dan menebalkan apresiasi terhadap teknik-teknik seni grafis secara lebih luas.
Setiawan Sabana menyelesaikan pendidikan sarjana seninya (Strata 1) pada 1977 di Seni Rupa-ITB. Pada 1982, ia menyelesaikan Strata 2 di Nothern illinois University Amerika Serikat menyusul kemudian pada 2002 lulus dari program doktor di Seni Rupa-ITB. Pameran ini antara lain diharapkan bisa memancing aspirasi dan diskusi kritis tentang kiprah seniman-akademi secara umum di Indonesia – yang kebetulan kali ini diwakili oleh sosok Setiawan Sabana.

Pameran dikurasi oleh : Danuh Tyas dan Zusfa Roihan

Sumber: http://galerisoemardja.fsrd.itb.ac.id/?p=2020

Berita Terkait