Pameran ‘INNER VOYAGE’

Konsep karya yang terlalu personal sering dianggap sebagai konsep kekaryaan yang dangkal dan tidak menarik, karena dianggap tidak dapat dibahas lebih mendalam lagi, tidak seperti latar belakang kekaryaan lainnya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa sifat personal pada seorang seniman mempunyai peran besar dalam proses kekaryaan yang terjadi. Intuisi adalah salah satu aspek dari sisi personal seniman yang mendorong dalam pembuatan karya. Jika ditarik ke masa yang lebih awal lagi, anak kecil gemar menggambar tanpa harus mengetahui ilmu seni. Intuisi memegang kendali yang besar dalam menggerakkan anak kecil untuk menggambar.
Pameran ini mengangkat sisi personal dari masing-masing mahasiswa seni yang mengikuti pameran ini. Ketertarikan personal dapat berupa latar belakang peserta pameran sebagai seorang manusia yang mempunyai pemikiran mengenai suatu hal yang bersifat lebih spesifik di luar bidang seni rupa, hingga sekedar hobi personal peserta pameran ini. Ketertarikan tersebut menjadi poin utama pembuatan karya dalam pameran. Sementara materi perkuliahan di kelas maupun di studio tetap dijadikan sebagai penunjang kekaryaan yang akan ditampilkan.
Kembali lagi pada status sebagai mahasiswa seni rupa, setiap peserta pameran secara langsung maupun tidak mempunyai kewajiban tersendiri dalam mempertanggungjawabkan karyanya, hal tersebut melihat dari pengetahuan lebih mengenai seni rupa yang didapat di perkuliahan. Pengetahuan tersebut bisa dalam bentuk pengetahuan formalis, medium, subject matter¸sejarah dan pengetahuan-pengetahuan yang mempunyai hubungan dengan seni rupa. INNER VOYAGE merupakan penggabungan antara ketertarikan personal masing-masing mahasiswa dengan pengetahuan yang di dapat di akademi seni baik di kelas maupun di studio masing-masing (lukis, grafis, patung, keramik dan intermedia).

Sabtu, 24 Oktober 2015 | 19:00 WIB

Pameran akan belangsung pada tanggal 24 Oktober – 06 November 2015
Sebuah Pameran Kelompok:
Aditya Zufar
Artup Irt Harguna
Condro Ndondo
Hari Setyo Utomo
Lutfi Yanuar
Mira Rizki
Rizal Nugraha Ramadhan
Sabil Waso
Pembukaan :
Tempat:
SALIAN ART
Jl. Sersan Bajuri no. 86-88 Km 3,8 Bandung 40154 Indonesia | +622 22 8888 0277
Performance art oleh Mira Rizki
Bincang Seniman :
Jumat, 30 Oktober 2015 | 15:00 WIB

Berita Terkait