The 8th DESIGN EXHIBITION & WORKSHOP ON BAMBOO & RATTAN 2017 6-15 March 2017 MUSASHINO ART UNIVERSITY & INDUSTRIAL PRODUCT DESIGN, FSRD ITB

Acara bertemakan “Harmony in Culture through Exploration of Bamboo and Rattan” ini terbangun atas kesadaran bersama bahwa bambu dan rotan merupakan potensi penting bagi kehidupan kita sehari-hari, dulu, kini dan nanti.

Sebelumnya sejak tahun 2009 hingga 2016 yang hampir setiap tahun acara ini diselenggarakan, beberapa kali dilaksanakan dalam format kolaborasi yang lebih besar. Pernah terselenggara pameran yang bertemakan “Bamboo, Tsunami and Sustainable Life’ di Galeri Soemardja dan Campus Center ITB. Kala itu digelar desain produk bambu hasil aplikasi teknologi preservasi dan industri. Kemudian pernah dipamerkan pula desain kubah bamboo structur polyhedric, serta berbagai produk hunian kontemporer, baik dari Musashino Art University (MAU) maupun Desain Produk FSRD ITB.

Kali ini di 2017, dalam format pameran yang sederhana, ditampilkan berbagai poster karya desain produk mahasiswa, mulai dari eksplorasi teknik bending untuk produk lampu hingga desain perangkat hunian keseharian lain. Pameran ini dibuka oleh Dekan FSRD ITB yang terhormat Bapak Dr. Imam Santosa, M.Sn, .Kegiatan workshop mengolah bambu bersamaan dengan rotan, yang dilakukan selama sepuluh hari (6-15 Maret 2017) oleh kurang lebih lima puluh orang mahasiswa Indonesia dan dua puluh lima orang mahasiswa Jepang.untuk lebih jelas tentang kegiatan  workshop dapat berkunjung ke youTube dengan alamat (MAU & FSRD ITB Workshop)

Atas tujuan untuk mengeksplorasi desain produk bambu, kegiatan yang berlangsung tiap tahun ini adalah untuk memelihara semangat persahabatan antar manusia, antar ilmu, antar kebudayaan, dan antar bangsa.

 

Program Studi Desain Produk, FSRD ITB

NEDINA SARI

Berita Terkait