Kuliah Umum Fashion Sketch dengan Narasumber dari University of Leeds

BANDUNG, itb.ac.id – Puluhan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung mengikuti General Lecture: Fashion Sketch di Galeri Soemardja, pada hari Senin, 12 Maret 2018. Kuliah umum tersebut diberikan oleh narasumber undangan dari University of Leeds, Jeffrey Thorpe. Institut Teknologi Bandung (ITB), dalam rangka penjajakan kerja sama dengan University of Leeds, Britania Raya, mengadakan General Lecture: Fashion Sketch yang mengundang Head of Fashion Department School of Design University of Leeds, Jeffrey Thompson. Acara yang dilaksanakan pada hari Senin (12/03/2018) terdiri dari kuliah umum seputar Fashion Design, pemberian informasi seputar perkuliahan Bachelor of Arts: Fashion Design di University of Leeds, dan diakhiri dengan Fashion Sketch Workshop.

Jeffrey Thompson adalah seorang lulusan dari Kingston University, London tahun 1990 dengan gelar Bachelor of Arts (Hons.) Degree in Fashion. Beliau kemudian berkecimpung dalam dunia industri fashion sebagai seorang desainer di New York selama 26 tahun sebelum akhirnya menjabat sebagai Head of Fashion di University of Leeds pada tahun 2017. Jeffrey juga merupakan anggota dari The Fashion Group International (FGI), organisasi nonprofit internasional yang berdiri sejak tahun 1930 dengan New York sebagai pusatnya.

Acara yang diadakan di Seminar Room Galeri Soemardja FSRD ITB tersebut dimulai dengan kuliah umum seputar Fashion Design yang diberikan oleh narasumber. Kemudian, narasumber juga berbagi tentang suasana perkuliahan Fashion Design di University of Leeds, mulai dari kurikulum, contoh karya, kredit, tutorial, serta kehidupan kampus di University of Leeds. Respon dari mahasiswa pun beragam, ada yang menanyakan tentang biaya perkuliahan serta tentang program Magister dan Doktor di sana, yang dijawab dengan lengkap oleh narasumber. Di penghujung acara, beberapa mahasiswa tampak maju ke depan untuk meminta feedback kepada narasumber berkaitan portofolio tentang fashion rancangan mereka sendiri.

Menurut narasumber, dalam perancangan fashion sketch sangat penting bagi mahasiswa untuk menguasai konstruksi garmen. Dengan menguasai hal tersebut, mahasiswa bisa membuat sketsa yang lebih detail penyampaian informasinya, karena dalam fashion sketch mahasiswa berperan sebagai desainer yang mengontrol material tekstil apa saja yang akan digunakan, penggunaan aksesoris, dan tambahan-tambahan detail yang cocok pada sketsa yang dibuat, karena ide sepenuhnya berasal dari desainer. Adapun masukan dari narasumber kepada mahasiswa lebih banyak disampaikan pada sesi workshop yang lebih bersifat informal, sehingga mahasiswa pun lebih leluasa dalam menyampaikan pendapat dan menerima masukan dari narasumber. Workshop yang diberikan memang tidak berkaitan langsung dengan mata kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, namun cukup berkaitan erat dengan mata kuliah Fashion Illustration dan Fashion Research pada jurusan Seni Kriya ITB. Dengan kerja sama ini, diharapkan pihak Institut Teknologi Bandung dan University of Leeds menjalin hubungan yang mempererat relasi dua institut yang berbeda benua ini.

Penulis: Garry Putranto Arimurti (TPB 2017)
ITB Journalist Apprentice 2018

Berita Terkait