Program Studi Kriya ITB Selenggarakan Kompetisi Desain Busana

 

Jakarta, itb.ac.id – Program Studi Kriya Institut Teknologi Bandung bekerjasama dengan PT. Mimaki Indonesia menggelar Kompetisi Desain Busana di Jakarta International Expo, 28-30 Maret 2019. Acara ini merupakan pameran mesin tekstil serta produknya dalam skala internasional yang diselenggarakan bersamaan rangkaian acara Indo Intertex 2019.

PT. Mimaki Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam produksi mesin tekstil terkhusus dalam hal visualisasi desain grafis pada media kain yang digunakan. Bentuk kerjasama yang dilakukan dikemas dalam Kompetisi Desain Busana bagi Mahasiswa Program Studi Kriya ITB dengan tema “Digitalisasi Industri Batik Indonesia”. Pada kegiatan ini, PT. Mimaki Indonesia berperan sebagai penyedia layanan pencetakan desain batik yang telah dibuat Mahasiswa Kriya ITB pada media kain, kemudian menyerahkannya kembali untuk dirancang lebih lanjut menjadi sebuah busana oleh mahasiswa.

Busana yang telah berhasil dibuat, selanjutnya ikut dipamerkan dalam rangkaian acara Indo Intertex 2019 sebagai hasil rancangan dari Mahasiswa Kriya ITB dan hasil pencetakan desain dengan mesin TS55. Menggunakan mesin tersebut, pencetakan desain batik yang telah dibuat mahasiswa tersebut menggunakan metode sublimasi yakni mencetak dengan media perantara sebelum dilakukan transfer ke media kain yang diinginkan.

Pada puncak acara, Sabtu, 30 Maret 2019, busana yang telah dipamerkan kemudian diperagakan serta dipresentasikan oleh delapan kelompok mahasiswa yang terdiri atas 4 Kelompok Mahasiswa Kriya ITB Kampus Ganesha, 3 Kelompok Mahasiswa Kriya Kampus ITB Cirebon, dan 1 Kelompok Campuran.

Menurut salah satu dosen pembimbing kegiatan ini, Nadia Arfan, S.Ds., M.S.M, Kompetisi Desain Busana ini merupakan salah satu tahap implementasi bagi mahasiswa terhadap mata kuliah Surface Tekstil. Sehingga mahasiswa dapat terlatih dalam pembuatan busana secara professional dari awal pembuatan desain batik hingga kemudian dapat dijadikan sebuah busana yang dipamerkan kepada publik.

Sebagai bentuk apresiasi, PT. Mimaki Indonesia memberikan penghargaan kepada tiga kelompok terbaik yang diurutkan menjadi juara 1 sampai 3 dengan total hadiah sebesar Rp. 32 juta. Adapun kelompok lainnya mendapat uang pembinaan masing-masingnya sebesar Rp. 1 juta.

Adapun, juara 1 dalam kompetisi ini diraih oleh Kelompok Mahasiswa Kriya Cirebon, disusul oleh Kelompok Mahasiswa Kriya Ganesha untuk Juara 2, kemudian Juara 3 diraih kembali oleh Kelompok Mahasiswa Kriya Cirebon.

“Kegiatan ini merupakan salah satu penerapan reka latar dari Mata Kuliah Surface Tekstil yang sedang kami ambil. Dalam reka latar, kami dituntut untuk melakukan pembuatan desain pada permukaan kain yang telah jadi, sebelum nantinya akan dibuat menjadi sebuah busana,” pungkas Rifan, Mahasiswa Kriya Cirebon yang meraih Juara 1 dalam kompetisi ini.

Reporter: Irfan Ibrahim (Teknik Geodesi dan Geomatika 2016)

Berita Terkait