KK Ilmu-ilmu Desain dan Budaya Visual

Tujuan Utama (Goal) Berkelompok dalam KK

Perkembangan desain akhir-akhir ini tidak dapat dilepaskan dari perkembangan kebudayaan di dalam berbagai aspeknya, khususnya kebudayaan pada tataran visual (visual culture). Berbagai isyu kebudayaan kontemporer—seperti isyu tentang gaya hidup, gender, budaya massa, politik informasi, media massa, konsumerisme, ekologi dan budaya cyber—menjadi bagian yang tak terpisahkan dari isyu desain itu sendiri, sehingga dalam perkembangan seperti itu diperlukan perluasan wawasan dalam memandang desain sebagai sebuah disiplin.

Kelompok Keahlian Ilmu-ilmu Desain & Budaya Visual (KK IDBV)  dibentuk berlandaskan kesalingberkaitan di antara berbagai isyu tersebut di atas, sehingga ia dapat dipandang sebagai sebuah kelompok keahlian lintas-disiplin, yang menyatukan setidak-tidaknya dua disiplin : desain dan kebudayaan. Melalui penyatuan tersebut berbagai fenomena desain, baik pada tingkat teoritis maupun praktis, kini dapat dipahami melalui cara pandang kebudayaan yang lebih luas, sehingga menempatkan desain sebagai bagian dari budaya visual itu sendiri.

Sebagai sebuah kajian, Budaya Visual di dalam abad informasi dewasa ini memperlihatkan kecenderungan perkembangan yang semakin pesat. Perkembangan ini disebabkan kebergantungan yang sangat besar dunia kehidupan sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, pendidikan dan keberagamaan pada keberadaan teknologi visual, seperti televisi, komputer, video, internet dan aneka wujud visual dan produk visual lainnya. Perkembangan inilah yang mendorong perkembangan budaya visual menjadi sebuah disiplin, dengan lingkup kajian, isyu, pendekatan, metode dan strategi kajian yang semakin jelas.

Berbagai isyu sentral yang menjadi fokus kajian dan pemikiran di dalam Ilmu-ilmu Desain & Budaya Visual antara lain, menyangkut : kajian tentang fungsi produk, kajian bahasa visual (visual language) dengan berbagai aspeknya, kajian teknologi visual, kajian aspek gender dari desain dan budaya visual lainnya, kajian tentang citra (image) dan produk visual, kajian tentang desain dan gaya hidup, kajian tentang gaya visual, kajian tentang desain dan aspek komunikasi, kajian tentang informasi visual, kajian tentang desain dan ideologi visual, kajian tentang desain dan budaya virtual (virtual culture), kajian tentang desain dan budaya massa.

Tujuan Spesifik (Objectives) KK
Pengembangan Keilmuan Desain & Budaya Visual
Dalam pemikiran dan pengkajian bidang-bidang tersebut di atas berbagai pendekatan dan metode dapat digunakan di dalam Ilmu-ilmu Desain & Budaya Visual, antara lain: estetika, sosiologi desain, antropologi desain, metodologi desain, kajian tentang gaya, sejarah budaya visual, cultural studies, semiotika, hermeneutika, etnografi, discourse analysis, analisis gaya hidup, analisis konsumsi. Melalui berbagai metode ini akan dapat dihasilkan pemahaman yang lebih luas dan dalam terhadap berbagai fenomena desain dan budaya visual.
 

Program  (Program KK 5 tahun ke depan)
1.   Pendidikan
·      Pengembangan Kurikulum S1&S2 (Kajian keilmuan desain dalam konteks metodologi, budaya visual)
·      Pengkajian program pendidikan S2 kerjasama dengan Departemen terkait
·      Pengkajian program pendidikan non degree kerjasama dengan Departemen terkait
·      Membuat buku ajar mengenai Ilmu Desain & Budaya Visual untuk berbagai tingkat
·      Pengembangan metode dan media ajar visual
2. Penelitian:
·      Pengembangan potensi Indonesia Timur tertinggal
·      Penelitian dalam Bidang Sejarah Desain & Budaya Visual Nusantara
·      Pengembangan Ilmu Desain & Budaya Visual
·      Pengembangan Metodologi Penelitian Desain dan Studi Budaya
·      Penerbitan Jurnal
3. Pengabdian kepada Masyarakat
·      Mengikuti kegiatan seminar/lokakarya Ilmu Desain dan Budaya Visual
4. Pengembangan SDM
·      80% anggota bergelar S3
 

Kegiatan
(Kegiatan yang akan diselesaikan tahun 2006 sebagai realisasi program)
·      Riset Unggulan PP: Sejarah Desain Furnitur, Bangunan & Busana Jawa
·      Riset Fakultas: Kajian Desain Busana Modern
·      Publikasi di Media Massa
·      Penerbitan Buku Ilmiah & Ilmiah Populer
·      Membentuk jejaring dengan Perguruan Tinggi di luar ITB
·      Forum Studi Kebudayaan (diskusi bulanan & penerbitan buku)
 

Akses Laboratorium
(Nama laboratorium ITB & Luar ITB yang otomatis dapat diakses oleh kebutuhan kegiatan KK)
·      Perpustakaan
·      Lab Multimedia FSRD
·      Lab Komputer FSRD
·      Galeri Soemardja
 

Peralatan & Instrumentasi
(Peralatan canggih dari lab yang dapat diakses yang rusak berat, jadi harus diganti/diperbaiki)
Tidak ada
 

Kepemimpinan & Proses Pengambilan Keputusan
·      Musyawarah, tetapi kalau kesepakatan tidak tercapai dilakukan voting
·      Keputusan musyawarah/voting adalah sah bila jumlah anggota KK yang hadir lebih dari 50%
 

Evaluasi Diri & Indikator Kinerja
·      Evaluasi diri dilakukan 2x dalam setahun
·      Evaluasi terhadap program & prestasi yang sudah dilaksanakan
·      Publikasi
 

Pengendalian Internal
·      Rekomendasi Kenaikan Pangkat Anggota KK
·      Rapat koordinasi

Website KK Ilmu-ilmu Desain dan Budaya Visual

// < ![CDATA[
// < ![CDATA[
//
// < ![CDATA[
//
//