Visi dan Misi

Visi FSRD – ITB

Sebagai kerangka dasar pengembangan kedepan serta evaluasi perencanaan program strategis yang dimuat dalam dokumen Renstra FSRD ITB 2011-2015, maka visi FSRD ITB akan tetap memiliki keterkaitan dan memiliki relevansi dengan visi ITB guna memandu arah dan acuan pengembangannya serta memperhatikan penyesuaian-penyesuaian yang dianggap perlu terhadap ke-khas-an ruang lingkup keilmuan, potensi terbangunnya jejaring (network), serta manfaat keberadaan FSRD sebagai institusi pendidikan tinggi berbasis ke-senirupa-an yang berada dalam wadah ITB yang berdimensi sains dan teknologi.

Visi ITB tanpa kerangka waktu (SK Senat Akademik ITB No. 022/SK/K-01-SENAT/ 1999:

ITB menjadi lembaga pendidikan tinggi dan pusat pengembangan sains, teknologi dan seni yang unggul, handal, dan bermartabat di dunia yang bersama dengan lembaga terkemuka bangsa menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat, dan sejahtera. (Lihat juga : Renstra ITB 2016-2020, h.37)

Visi ITB berdasarkan Statuta ITB (PP RI No.65 Tahun 2013) Bab I Ps.2 (2):

ITB menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia. (Lihat juga : Renstra ITB 2016-2020, h.37)

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka FSRD ITB menetapkan visi pengembangan FSRD ITB tanpa kerangka waktu adalah:

FSRD ITB menjadi pusat pendidikan tinggi dan pengembangan ilmu senirupa dan desain yang unggul, kreatif, dan handal; demi kemajuan, kedaulatan, dan kesejahteraan bangsa Indonesia. (Bunyi visi renstra 2011-2015)

Mengacu pada arah pengembangan FSRD ITB serta dengan memperhatikan kekuatan, kendala, dan tantangan yang dihadapi FSRD ITB dalam 5 (lima) tahun mendatang, maka visi FSRD ITB 2016-2020 adalah:

FSRD ITB menjadi lembaga pendidikan tinggi seni rupa, dan desain berbasis riset yang terkemuka di Asia, melalui peran aktifnya dalam mengedepankan nilai-nilai budaya Indonesia sebagai titik tolak untuk meningkatkan daya saing kreatif bangsa. (Bunyi visi renstra 2011-2015)

 

Misi FSRD – ITB

Acuan dasar mengenai misi dan pentingnya keberadaan FSRD ITB sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi bidang Seni Rupa dan Desain adalah dokumen formal berupa ketetapan misi ITB berdasarkan:

  1. Statuta ITB (PP RI No.65 Tahun 2013) Bab I Ps.2 (3): Menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial dan ilmu humaniora serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik (Lihat juga : Renstra ITB 2016-2020, h.37)
  2. SK Senat Akademik ITB No. 023/SK/K-01-SENAT/1999):
  3. Ketetapan Kebijakan Pengembangan ITB 2001-2006 (SK Majelis Wali Amanat ITB No 006/2002)
  4. Evaluasi perencanaan program strategis yang dimuat dalam dokumen Renstra FSRD ITB 2016-2020,
  5. Serta dokumen pengembangan FSRD ITB 2010-2015 dengan bantuan JICA (MOD ITB Development Project III under JICA Support IP Loan No 553).

Maka, atas  dasar tersebut maka misi FSRD ITB 2016-2020 yaitu:

Menggerakan pengembangan keilmuan dan keahlian dalam bidang senirupa dan desain melalui penyelenggaraan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi yang berkualitas, kreatif, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. (Bunyi misi renstra 2011-2015)

  • Secara operasional, misi tersebut dikaitkan dengan peran FSRD ITB sebagai pusat kegiatan ke-cendekiawan-an (center of scholarly activities) berbasis ke-senirupa-an, ke-desain-an, ke-kriya-an, dan ke-humaniora-an yang memiliki dimensi ekonomi, budaya, dan lingkungan serta ruang terjadinya interaksi dan sinergi kerja inter-disiplin. Untuk mendukung perannya tersebut, maka FSRD menetapkan agenda kebijakan umum untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misinya yaitu:
  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengembangan inovasi pengajaran dengan memanfaatkan keutamaan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun suasana akademik yang kreatif, inovatif, dan interaktif sehingga diharapkan dapat menghasilkan sumberdaya insani yang tidak hanya memiliki keunggulan dalam penguasaan ilmu dan keahlian (competent), profesional, dan kemandirian (self-reliant), tetapi juga memiliki integritas (integrity), keterbukaan dalam bersikap (open-minded), dan semangat kewirausahaan (entrepreneurship);
  2. Melaksanakan penelitian dan kegiatan pengabdian pada masyarakat untuk mengembangkan karya/produk senirupa dan desain yang inovatif berbasis pada potensi budaya bangsa Indonesia guna meningkatkan daya saing kreatif (creative competitiveness) industri nasional dalam tataran global.
  3. Mendorong kegiatan inventarisasi, pengembangan, dan diseminasi karya/produk senirupa dan desain berbasis tradisi dan budaya, dalam rangka melestarikan dan menjaga keberlanjutan pengetahuan serta nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, baik dalam lingkup aset budaya maupun lingkup aset yang bernilai ekonomi (indistri kreatif/ ekonomi kreatif)

Agenda kebijakan umum untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi FSRD ITB tersebut tidak terlepas dari dukungan terhadap semangat dalam penguatan ITB dari teaching university dan  research university menuju entrepreneurial university yang ukurannya terletak pada excellence in teaching (indikatornya antara lain nilai akreditasi BAN PT), excellence in research (indikatornya antara lain publikasi ilmiah/ pameran skala nasional dan internasional), dan excellence in innovation (indikatornya antara lain berupa paten, hak cipta, industrialisasi, entrepreneurship) yang diharapkan akan berdampak positif pada pemeringkatan ITB di dunia pendidikan tinggi global.