Seminar “Milestone of Human Civilization from Pre-Modern Era to Industry 4.0: A Study of Science, Technology, Social and Religion”

Umat manusia sejak kemunculannya di muka bumi ini telah diberikan kemampuan untuk berpikir, berbeda dari makhluk lainnya yang hanya hidup sesuai dengan instingnya semata. Manusia membutuhkan berbagai macam sarana dan instrumen untuk dapat bertahan hidup. Pada masa kini, ketika perkembangan ilmu pengetahuan dan media untuk mengaksesnya semakin bertambah, sebaliknya generasi muda abad ini justru terlihat semakin berkurang hasratnya terhadap perkembangan sains, gejolak sosial, dinamika keilmuan, dan berbagai usaha menuju literasi positif dan perkembangan keilmuan itu sendiri. Adakah sesuatu yang salah atau kurang dalam pendidikan sains dan humaniora kita, sehingga penggalian akan kedalaman khazanah keilmuan seakan menjadi kering hakikat?

Dalam sinergi menjadi jembatan bagi usaha-usaha positif yang dapat menghadirkan kembali semua napas keilmuan pada kerangka hakikat sebenarnya, maka Majalah Mata Air bekerjasama dengan Kelompok Kajian Ilmu Kemanusiaan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB mengadakan seminar yang bertajuk “Milestone ofHuman Civilization from Pre-Modern Era to Industry 4.0: A Study of Science” yang diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 05 Maret 2020, Pukul 08.30-15.30 WIB, di Aula Barat ITB Jalan Ganesha 10 Bandung.

Adapun pembicaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dr. Eng. Khoirul Anwar . “Understanding Hikmah from Al-Qur’an and Sunnah from Information and Communication Technology Viewpoint.”
  2. Qoriah, MA. “Kajian Tekno-Agama: Religiusitas Masyarakat Digital”
  3. Astri Katrini Alafta, S.S, M.Ed. “Islamic Civilization and Science : A Forgotten History”
  4. Dr. Salih Yücel. “Islam and Muslim in America before Colombus”
  5. Dr. Agus Syihabuddin.

Berita Terkait