Dialog Desain “Desain dan Kehidupan Sehari-hari”

Desain menjadi hal yang tidak dapat dilepas dari kehidupan sehari-hari bagi individu maupun kelompok masyarakat. Namun topik “keseharian” sering kali tidak mendapatkan perhatian lebih terutama dalam diskursus desain, karena cenderung dianggap sebagai topik yang banal atau kurang istimewa. Padahal dalam keseharian, setiap individu harus menjalankan strategi maupun taktik untuk bertahan hidup, bahkan dapat beresiko memiliki konflik apabila bersinggungan dengan berbagai kebutuhan dan kepentingan orang lain. Pada prosesnya, hal-hal keseharian dari masyarakat memberi pengaruh besar pada perkembangan desain, dan sebaliknya, luaran desain pun memiliki implikasi besar pada aspek keseharian tersebut. Lalu apa yang dapat dipelajari lebih dalam dari topik “keseharian” bagi proses desain? Sejauh apa aspek keseharian mempengaruhi perkembangan desain? .

Prof. Yasraf A. Piliang akan menelusuri lebih dalam aspek “keseharian” dan kaitannya ke dalam dunia desain. Beliau akan menelusuri lebih dalam bagaimana kehidupan sehari-hari mengandung nilai paradoks maupun tegangan antara nilai kelokalan dan internasional, modernitas dan posmodernitas, atau homogenitas dan heterogenitas, dan bagaimana hal-hal seperti ini berimplikasi besar terhadap proses dan luaran desain.

Prof. Yasraf A. Piliang merupakan Guru Besar di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung dan tergabung dalam Kelompok Keahlian Ilmu Ilmu Desain dan Budaya Visual. Beliau telah banyak menulis buku, seperti “Sebuah Dunia yang Dilipat: Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga dan Matinya Posmodernisme”, “Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya dan Matinya Makna”, dan “Medan Kreativitas: Memahami Medan Gagasan”.

Melalui Dialog Desain Vol. 005, kami juga mengikuti Webinar dan Instagram Live Marathon bersama 16 penyelenggara lainnya dalam rangka World Industrial Design Day 2020/Hari Desain Produk Industri 2020 pada tanggal 29 Juni 2020.

Pendaftaran bisa melalui https://designethno.id/dialogdesain5

source : https://www.instagram.com/p/CByUGDOAX4I/

Berita Terkait