Perangkat Fotografi Koleksi Kain Batik sebagai Luaran Riset Multidisiplin 2019 (FTI, FSRD dan STEI ITB) Mempertahankan Keaktifan Museum Batik Pekalongan di Tengah Pandemi Covid-19

“Dalam masa pandemi Covid UPTD Museum Batik melakukan Kegiatan pendokumentasian/digitalisasi koleksi. 500 koleksi setiap tahun dari total 1200 lebih kain. Di samping pendokumentasian/digitalisasi koleksi, kegiatan ini sekaligus guna reinventarisasi koleksi, perbaikan database, pendidikan dan penelitian.”

https://www.instagram.com/p/CB2LMVxl1XM/?igshid=1le9h7jl8bqy7

Kamis, tanggal 26 Juni 2020 akun Instagram @museumbatikpekalongan mengunggah kegiatan optimalisasi pendokumentasian koleksi kain batik secara digital menggunakan perangkat studio fotografi. Unggahan tersebut sekaligus memberitahukan bahwa Museum Batik Pekalongan tetap berupaya untuk bertahan dan produktif di tengah protokol kesehatan COVID-19.

Unggahan video tersebut memperlihatkan staf museum menunjukkan perangkat fotografi digital dengan posisi kamera tergantung di atas dan posisi kain batik di bawah. Hasil foto langsung terkirim dan tersimpan untuk dapat diolah secara didgital kemudian di perangkat komputer.

Perangkat fotografi tersebut sebagian merupakan bagian dari KESEPAHAMAN BERSAMA antara ITB melalui program Riset Multidisiplin LPPM tahun 2019 dengan UPTD Museum Batik Pekalongan yang diserahkan pada Tanggal 26 Oktober 2019 lalu yang meliputi kesepahaman tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Riset Multidisiplin periode tahun 2019 dengan judul SISTEM CERDAS GLOSARIUM dan REKOGNISI BATIK Tahun II diketuai oleh Dr. Ir. Eko Mursito Budi, I.P.M., (KK. Teknik Fisika, FTI) & beranggotakan (alm) Prof. Iping Supriatna (KK. Informatika, STEI), Miranti I. Mandasari, MT., Ph.D (KK. Fisika Bangunan, FTI), Dr. Vebi Nadhira, MT., (KK. Instrumentasi dan Kontrol, FTI) dan dua dosen FSRD yaitu Dr. Chandra Tresnadi, M.Ds., (KK-Ilmu Desain dan Budaya Visual) dan Tyar Ratuannisa, M.Ds. (KK. Kriya dan Tradisi).

Desain perangkat fotografi yang terpasang di Museum Batik Pekalongan berupa tiang penyangga kamera dan meja/papan display dan yang dapat berfungsi dengan dua hadap yaitu table top (seperti nampak pada unggahan video tersebut) atau wall display (kain tertempel di dinding).

Desain tiang penyangga kamera dan meja/papan display fotografi koleksi kain batik (desain oleh: Dr. Chandra Tresnadi, M.Ds.)
Penyerahan Kesepahaman: Dr. Ir. Eko Mursito Budi, MT., IPM (ketua tim riset yang mewakili ITB) dan Bambang Saptono (kepala UPTD. Museum Batik Pekalongan)
Perangkat fotografi koleksi kain batik dengan posisi papan wall display
Perangkat fotografi koleksi kain batik dengan posisi table top display

Peserta Workshop Teknologi Cerdas Glosarium dan Rekognisi Batik pada Koleksi Museum Batik Pekalongan di UPTD. Museum Batik Pekalongan.

Berita Terkait