Integrated Smart e-Bike Service Platform Development

Integrated Smart e-Bike Service Platform merupakan hasil penelitian dan pengembangan kerjasama civitas akademika ITB dan jaringannya untuk mewujudkan suatu sistem layanan global personal mobility masa depan,
berbasis sepeda listrik untuk kawasan yang mendukung adaptasi kebiasaan baru dengan gaya hidup sehat, efisien dan peduli lingkungan hidup. Sistem transportasi yang dikembangkan bersifat terpadu, tidak saja terdiri sepeda listrik, tetapi juga dilengkapi dengan stasiun pengisian baterai, serta Sistem Manajemen Layanan.

Rangka sepeda dirancang dengan software khusus,diproduksi dengan bahan terbaik, metoda pemotongan presisi dan pengelasan modern, serta menggunakan komponen-komponen pilihan sehingga sepeda listrik hasil kolaborasi tim riset ITB dan industri manufaktur PT Insera Sena (Polygon Bikes) handal, efisien dan ergonomis. Sepeda listrik yang dikembangkan juga dilengkapi dengan smart e-Bike Personal Mobile Apps yang memanfaatkan IoT platform.

Stasiun pengisian baterai yang dipadukan dengan tempat parkir didukung dengan multi sumber tenaga listrik termasuk energi terbarukan (green charging station), sehingga platform ini sesuai untuk kawasan wisata,
kampus, dan perumahan yang memprioritaskan kualitas lingkungan hidup yang bersih, menerapkan gaya hidup sehat, dan memberikan kemudahan layanan mobilitas yang nyaman secara efisien. Stasiun pengisian baterai ini juga dilengkapi dengan smart e-payment system. Secara bertahap, untuk memudahkan dan mengoptimalkan pengoperasian layanan pemakai sepeda listrik dan stasiun pengisian baterai pada kawasan, ke depan, platform juga akan dilengkapi Smart e-Bike Service Management System menggunakan Cloud Computing.

Berita Terkait