“Ngobrol Santuy Online”

“Ngobrol Santuy Online” merupakan acara yang dibawakan oleh Bandung Mitigasi Hub yang bekerja sama dengan PRTV. Pada episode ini, Dr. Budi Adi Nugroho, M.Sn (KK Seni Rupa FSRD ITB) dan Ardhana Riswarie, MA, AThR (KK Estetika & Ilmu-Ilmu Seni FSRD ITB) diundang untuk berbicara tentang program Pengabdian kepada Masyarakat yang dikelola dari Skema Top Down LPPM ITB Tahun 2020 yang bertajuk “Metode Seni Relasional dan Psychosocial Capacity Building untuk Penciptaan Karya Seni di Ruang Publik sebagai Upaya Mitigasi Bencana di Sesar Lembang”.

Dalam acara ini, Dr. Budi Adi Nugroho, M.Sn memaparkan konsep seni relasional dan penciptaan karya seni ruang publik. Sementara Ardhana Riswarie, MA, AThR memaparkan bagaimana proses penciptaan karya seni secara kolektif bisa meningkatkan kapasitas psikososial masyarakat di area rawan bencana. Hadir pula Pak Prabu Sutrisno dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bandung Barat, Ibu Dede Kurnia dari Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) Desa Cikahuripan, dan perwakilan dari pemerintahan Desa Cikahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat. Mereka mewakili masyarakat di kawasan yang menjadi fokus pada program Pengabdian kepada Masyarakat ini. Beberapa harapan yang disampaikan meliputi keinginan FKDM sebagai mitra lokal untuk mendapatkan pendampingan dalam pengembangan dan pelaksanaan program mereka, yang disambut oleh pihak pemerintahan desa yang berharap kapasitas FKDM bisa ditingkatkan untuk mempertahankan status sebagai Desa Tahan Bencana (Destana).

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2020. Pada tahap selanjutnya, tim akan melakukan serangkaian mapping dan kegiatan psychosocial capacity building, hingga pada puncaknya adalah penciptaan karya seni ruang publik yang meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bahaya bencana di Sesar Lembang.

Berita Terkait