Peluncuran Buku “Bermain di Taman Kota” untuk Anak Tuli Indonesia

Peluncuran buku “Bermain di Taman Kota” dilaksanakan melalui pertemuan zoom pada Jumat (24/9/21) kemarin. Acara ini dibuka oleh Majell Hind, selaku Konsulat Jenderal Australia di Surabaya. Dalam sambutannya, Hind menyampaikan bahwa pemerintah Australia sebagaimana pemerintah Indonesia memahami pentingnya membangun komunitas inklusif, sehingga setiap anak bisa belajar, bermain dan tumbuh dengan baik.

Buku “Bermain di Taman Kota” merupakan hasil kerja sama yang dilakukan Yayasan Semesta Rumah Kita, Lab KIBA ITB (Media Visual untuk Anak), Tuli Mendongeng, Kumpul Dongeng Surabaya dan didanai oleh Australian Aid melalui Direct Aid Program. KIBA ITB sebagai tim desain buku ini disupervisi oleh Dr. Riama Maslan Sihombing M.Sn., dengan Naidi Atika Zundaro sebagai Art Director dan Singgih Cahyo Jadmiko dari Kelas Ilustrasi uku Anak FSRD ITB sebagai ilustrator. Sedangkan narasi cerita dibuat oleh Rizka Azaria Lizhardy, Gadis Pratiwi, dan Muhammad Hasanuddin dari Tuli Mendongeng

“Buku ini sejak awal tujuannya ialah untuk membantu adik-adik Tuli agar mendapatkan bacaan-bacaan berkualitas” ungkap Inge Ariani selaku Project Director buku ini.

Proyek buku ini sudah berlangsung sejak Mei 2021, mulai dari proses brainstorming, membuat purwarupa, user-testing, hingga acara peluncuran dan pembagian buku kepada 100 anak Tuli dari berbagai daerah di Indonesia.

Peluncuran buku ini merupakan salah satu rangkaian International Week of Deaf People dalam rangka Hari Bahasa Isyarat Internasional. Rangkaian acara tersebut diselenggarakan pada 20-26 September 2021, yang di antaranya berisi pelatihan menulis dan membuat ilustrasi buku untuk anak Tuli. Rangkaian acara ditutup dengan pelatihan BISINDO sederhana pada Minggu (26/9/21)

Berita Terkait